Salah Kaprah dengan Orang Berbahasa Kasih Sentuhan dan Hadiah


Sebelum masuk lebih jauh kepada kegalauan yang melanda orang-orang dengan bahasa kasih sentuhan dan hadiah ada baiknya kita mengetahui apa itu bahasa kasih. Bahasa kasih adalah cara seseorang untuk menunjukkan kepeduliannya kepada orang lain, selain untuk menunjukkan kepedulian bahasa kasih juga adalah bentuk kepedulian yang Ia harapkan dari orang lain baginya. Secara umum bahasa kasih ada 5 wujudnya, (1) kata-kata pujian, (2) pelayanan, (3) waktu yang berkualitas, (4) sentuhan, (5) hadiah. Tiap orang memiliki minimal 1 bahasa kasih dan beruntunglah bagi kita yang dapat membaca bahasa kasih karena pengetahuan ini akan memudahkan relasi kita dengan orang lain. Melalui bahasa kasih ini seseorang dapat ditundukkan oleh karena itu banyak orang yang dengan sengaja menyembunyikan atau malah menunjukkan bahasa kasihnya di depan umum.

Menurut pembagian jenis bahasa kasih di atas kita dapat melihat ada orang yang senang dipuji. Orang-orang seperti ini mungkin sering kita temui, bisa jadi mereka adalah atasan kita atau malah pasangan kita. Kemudian ada tipe orang dengan bahasa kasih pelayanan. Nah, orang-orang ini mudah ditemui di acara yang sifatnya sukarela dan biasanya mereka sering bergabung dalam organisasi kemanusiaan. Orang-orang dengan bahasa kasih pelayanan tidak ragu untuk membantu kamu sesulit apapun dan dalam kondisi apapun saat mereka bisa. Dari kelima jenis bahasa kasih, orang-orang dengan bahasa kasih pelayanan adalah yang paling terbuka dengan orang lain dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi. Di sisi lain, mereka sangat menghargai orang-orang yang memberikan pelayanan terbaik, jangan heran ada orang yang mau memberikan tip tinggi di tempat-tempat yang menjajakan pelayanan, mungkin mereka ini adalah orang-orang berbahasa kasih pelayanan atau memang punya uang berlebih untuk dibagikan. Masuk ke tipe ketiga adalah orang-orang yang memiliki bahasa kasih waktu yang berkualitas. Bagi orang-orang ini perhatian berlebih sangat memuakkan. Mereka malas membuang waktu untuk menanyakan kepada kamu apakah kamu sudah makan tiga kali sehari dan apa yang kamu kerjakan dari pagi sampai malam. Mereka cenderung menyukai kegiatan yang berkualitas dengan orang-orang yang mereka kasihi. Misalnya, saat akhir pekan mereka akan memanjakan pasangannya dengan pergi ke tempat wisata dan saling bercerita.

Masuk ke dalam tipe keempat dan kelima, menurut saya tipe ini adalah tipe yang paling serba salah. Mengapa? Karena ada beberapa alasan. Orang dengan bahasa kasih sentuhan sangat senang apabila berpegangan tangan atau dipeluk, selama ada sentuhan dan itu akan membuat mereka nyaman. Terdengar mesum? Iya, kalau belum resmi dalam suatu ikatan. Apalagi kita berada di Indonesia. Padahal sentuhannya tidak mesti yang berlebihan, hanya sekadar berpegangan tangan saja sudah menenangkan mereka. Di sisi lain orang-orang ini akan sangat marah apabila disentuh sembarangan oleh orang-orang yang tidak atau belum mereka sukai. Ya karena ini adalah cara mereka menunjukkan kasih kepada orang lain. Orang-orang ini akan sangat senang berinteraksi dengan hewan atau malah akan memiliki boneka di rumahnya sebagai media untuk menunjukkan kasihnya.

Tipe kelima adalah bahasa kasih hadiah. Mudah untuk melihat orang dengan bahasa kasih ini karena semua parameternya adalah pemberian dalam bentuk barang. Sekalipun orang-orang dengan tipe bahasa kasih ini suka dengan hadiah tapi jangan salah mereka bisa menilai mana orang-orang yang tulus memberikan hadiah dan yang biasa saja. Secara kasat mata orang-orang ini terlihat materialistis, ya pasti begitu karena hadiah akan muncul dalam wujud materi. Jadi, dimana sisi serba salahnya? Ya orang-orang seperti ini seringkali menilai orang lain akan menyukai mereka dengan diberikan hadiah dan sebaliknya mereka senang dan akan merasa sangat tersanjung apabila diberi hadiah. Orang dengan tipe ini senang apabila jerih payahnya dihargai dengan hadiah.

Bagi orang dengan tipe bahasa kasih keempat dan kelima, apalagi kombinasinya, pasti akan sering disalah artikan oleh orang lain. Pada saat mereka senang diberikan hadiah, orang lain akan menganggap mereka berorientasi pada materi. Di sisi lain, orang dengan bahasa kasih sentuhan mengalami baper luar biasa pada saat orang yang mereka suka menyentuh tangannya atau memeluk mereka. Padahal terkadang orang lain tidak bermaksud sama. Oleh karena itu, biasanya orang dengan kedua bahasa kasih ini cenderung akan menutupi bahasa kasih mereka dan cenderung dingin. Namun, dibalik semuanya itu mereka hanyalah orang yang memerlukan wujud kasih yang tepat.


Perlu diingat, kelima bahasa kasih ini memiliki sisi positif dan negatif. Apabila kalian bisa mengenali seperti apa bahasa kasih kalian, hal ini akan lebih baik untuk menjalin relasi dengan orang lain. Di sisi lain, belajar bahasa kasih orang lain menjadi penting untuk bisa menjaga hubungan baik dengan banyak orang. Jadi, seperti apakah bahasa kasih kalian?

Comments

Popular Posts